Pages

Jumat, 19 Agustus 2011

SEGITIGA BEDA SISI


     Pagi-pagi sekali, saat gue nyarap bubur ayam dikantin sekolah, Ria menghampiriku.
“Ter , gue boleh nanya gak ?” tanya nya ke gue sehabis pesan gado-gado.
“Gue mau nanyain tentang seseorang sama lo”cerocos Ria tak memberi kesempatan.
“Setau gue, lo kan deket sama Marcell, lo pasti tau kan semua hal-hal yang berkaitan dengan dia?, hobinya , tempat tongkrongan nya , dan tipe ceweknya ? bantuin gue ya Terre ! “ Ria memohon.
“ooooooo... jadi lo mau ngegebet si Marcell nie? Cieeeeeeeeeehhhh”
“bener kan lo tau tentang dia?”
Akhirnya gue bilang kalo marcell itu jago basket dan pinter maen bola.
“berarti bisa nyanyi juga dong ?” celetuk ria penuh semangat.
“Nyntai aja kale, tapi sorry, untuk yang satu itu dengan sangat menyesal gue harus bilang suara nya tuh fals !”
“trus tipe ceweknya gimana?” ria tak peduli.
“dia suka cewek yang enak diajak ngobrol , pengertian, ngga posesif – mau tau semua yang dia lakuin. Pkonya cwek itu model easy going. Kalo marcell pengen curhat , ya dengerin. Tapi kalo ngga, ya diemin aja.” Jawab gue panjang lebar.
“menurut lo , gue masuk tipenya ngga?”
“kalo lo mau dia suka sama lo, bukan berarti lo harus jadi tipe cewek yang ada di pikiranya . be your self ajja “

      Suatu siang dikelas..
“Mar, lo ikutan survey ke anyer ga?” tanya gue sambil mencondongkan pala ke tempat duduk marcell.
“emangnya siapa aja yang ikut?”
“lo ini gimana sih, ditanya ko malah balik nanya . ya paling pengurus inti sama seksi humas “
“berangkat jam berapa ?” tanya marcell dengan tatapan matanya yang bikin gue salting.
 Ngga tau, sejak kapan marcell terasa akrab dengan gue. Dia sering menceritakan kekhawatiranya, kebahagiaanya , dan segala kebimbanganya pada gue. Gue juga ngga tau, sejak kapan gue mulai menunggu –nunggu ceritanya , keluh kesah dan tentunya tatapan matnya yang terkadang menampakan kesedihan.
“Besok kumpul di skul jam 7 . biar ngga kena macet. Juga kita bisa lebih lama disana.” Jawab gue penuh semngat. Ow ow , lagi-lagi matanya bikin gue begitu terlena.
“Oyya terr, lo jangan lupa bawa bikini yah ? udah lama gue ga liat cewek pake baju bikini hahahahha “  PAAAAAARAAH !

         Sesampai di Anyer, seusaai santap siang , gue dan temen –temen mutusin bermain-main di pantai. Semuanya terlibat, ngga ada yang ngga ikut nyebur ke air. Begitu mataahari nyaris Ambless dari cakrawala , temen-temen beranjak ke cottage  -- kecuali gue daan marcell.
“lo ga masuk terr? Ntar masuk angin loh “ ucap marcell sambil duduk di sebelah gue.
“Ntar lagi aja. Di jakarta kan lo ngga bakalan ngeliat sunset yang begini indahnya” sahut gue sambil terus memanddang laut. Romantic amat yaa... “kalo lo mau kedalam, ngga apa-apa ko” sambung gue sambil memainkan pasir.
Tiba-tiba saja gue udah ada dalam pelukan marcell. Gue kaget, tapi gue bener-bener ngerasain kehangatanya.
“gue ngga akn ninggalin lo sendirian. Lo masuk ya, baju lo udah basah gini!” bisik marcell sambil agak melonggarkan pelukanya.

        Entah karena terbawa suasana pantai yang menghanyutkan atau karena terpukau tatapan mata marcell yang juga menghanyutkan , gue ngga sanggup menolak saat bibirnya mendekati bibir gue. Justru di saat itu gue mendadak teringet sama muka Ria yang berseeri-seri saatb membicarakan marcell. Gue menarik tubuh dari pelukanya.
“sorry terr, bukanya gue mau berbuat ga sopan sama lo . gue..”
“udah lah mar, ga usah di bahas..”sergah gue menggigil.
“terr , selama ini gue bener-bener sayang sama lo. Cuma lo yang mau dengerin semua cerita gue. Cuma lo yang selalu bantu ngadepin masalah – masalah gue.  Selama ini gue gak yakin harus jujur sama lo, gue takut kehilangan lo kalo lo tau semua ini. Tapi gue juga ngga ingin suatu hari nanti ngerasa nyesel karena ngga ngungkapin isi hati gue. Terr, gue ingin selalu melindungi lo, gue ingin jadi cowok lo. Lo mau kan ?” ucap marcell sambil menatap gue tajam.
“mar, apa lo gak tau kalau ria itu suka sama lo? Gue gak mau nyakitin perasaan dia. Lagi pula, ria itu lebih segalanya. Mar !” sahut gue.
“tapi terr , cinta kan ngga bisa dipaksain. Apa gue salah kalo gue lebih milih lo ketimbang ria? Gue lebih milih lo walau lo  nggak lebih pinter atau lebih kaya dari ria. Gue sayang sama lo walau lo sering nge-cuekin gue dan terkadang galak sama gue. Itu namanya cinta yang tulus, terre . lagi pula siapa yang bilang lo gak lebih cantik dari ria ? lo punya sesuatu yang ngga dimiliki cewek lain “
Gue lihat ada luka di dalam hati marcell. Gue lihat itu dari tatapan matanya. Haruskah gue menyakiti marcell? Tapi gue juga nggak sanggup membuat ria merasa kecewa.
“tapi mar, gimana lo bisa milih gue ketimbang ria, padahal lo belum satu kalipun ngobrol sama dia, kenapa lo ngga coba dulu ? siapa tau aja lo bisa ngerasai chemistry? Siapa tau lo juga bisa curhat-curhatan sama dia.”


       Tiga bulan sejak kejadian di anyer , gue lihat marcell begitu mesra dengan ria. Tak jarang gue diajak bepergian bareng mereka. Marcell selalu memperlakukan ria dengan sangat romanrtis dan istimewa. Cemburukah gue? Mungkin..... mungkin gue juga ngerasa nyesel , tapi mungkin inilah jalan terbaik.
        Ah, biarlah segitiga diantara kami tidak sama kaki, tidak pula sama sisi.
Mencari, mendapatkan , memelihara persahabatan jauh lebih susah ketimbang memburu , menangkap, dan memelihara kekasih.
Aku percaya,Tuhan akan menjadikan segala nya indah pada waktu nya.

THE LOVE CHOIR


Aku dan bian sudah berteman sejak masih kelas dua smp. Saat itu sama sekali tidak ada bayangan bahwa hubungan kami akan berlanjut ke tahap sekarang ini. Yah, namanya juga masih bau kencur. Apasih yang dipikirkan anak umur tiga belas tahun waktu itu?
Aku masih ingat betul bagaimana Bian menembakku. Itu pertama kalinya bagiku. Saat itu kami duduk di kelas 3 smp. Kira-kira di akhir cawu 1, di sekolah kami diadakan sebuah pentas seni ramainya minta ampun. Dan selama tiga hari, disekolah kami tidak diadakan kegiatan belajar mengajar. Yang ada Cuma ngeband, jingkrak jingkrak , dan jerat jerit ngga karuan. Bagiku, yang waktu itu bener-bener tipe anak bibliomania(kutubuku), acara macam itu sama sekali tidak menarik. Aku lebih suka menghabiskan waktu kosong bersama gerombolanku didalam kelas sambil membahas soal ebtanas.
Waktu aku smp dulu, aku ini bener bener ndeso abis ! bayangkan saja , selama tiga tahun , lagu barat yang aku tau Cuma I Have A Dream-nya Westlife. Nggak ada yang kupikirkan selain belajar, belajar dan belajar. Bagiku , pujian dan penghargaan yang diberikan guru dan teman-teman itu adalah segala-galanya. “Gila , Tari Pinter banget ! Aljabar kan susah banget !” adalah kalimat yang sudah jadi makanan ku setiap hari. Aku sampai tidak ada ngurus waktu buat ngegebet cowok , pakai lipgloss, atau jalan-jalan ke mall seperti yang kebanyakan anak cewek dikelasku lakukan setiap hari. Sama sekali nggak pernah.
Lalu Bian sendiri? Wah, dia itu cowok yang rame banget! Entah bagaimana caranya , ia tidak perlu bersusah payah mendapat ranking satu untuk bisa menarik perhatian guru dan teman-teman sekelas. Yang jelas kepribadian kami bagai bumi dan matahari.
Kami sekelas saat masih dikelas dua. Tapi, begitu dikelas tiga, kelas kami berpisah. Tapi, meski begitu, kelas kami masih bersebelahan. Jadi, hanya dari dalam kelasku saja , aku sudah bisa mendengar jeritan dan ketawanya dia yang ngga karuan setiap jam istirahat. Ku akui , saat masih kelas dua , hubungan kami terbilang akrab. Kami sering bekerja dalam satu kelompok tugas. Dan Bian sering sekali membantuku saat olahraga (terutama kalau tes lompat tinggi, dimana aku sering sekali nyangkut di papan lompat). Dan karena dirinya yang begitu terbuka dan bersahabat , hampir tak ada bagian disekolah kami yang tidak kenal dengan namanya. Termasuk aku, yang saat itu menganggapnya sebagai teman laki-laki terhebat yang pernah kumiliki.
Lalu semua itu berubah, saat pentas seni (pensi) pada hari kedua. Di sekolahku ada ekstrakulikuler paduan suara. Dan paduan suara smp kami saat itu sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba di Bandung. Tapi, karena kekurangan dana , mereka melakukan semacam “ngamen” dengan tampil di atas panggung pensi dan menyanyikan lagu apapun yang diminta penonton dengan imbalan uang. Saat giliran mereka naik panggung, aku sedang duduk dibangku penonton (saat itu aku diseret-seret temanku yang ingin sekali menonton paduan suara). Awalnya paduan suara itu menyanyikan lagu lagu popbiasa, lalu saat memasuki lagu ketiga, sang dirijen itu berhenti dan membalikan tubuhnya ke arah penonton.
“Bapak-Ibu Guru dan teman-temanku sekalian”, kata ria , sang dirijen.”sekarang kami akan menyanyikan sebuah lagu yang khusus dipersembahkan olehnya untuk seorang perempuan yang sudah di sukai nya selama hampir  satu tahun”. Lautan tepuk tangan dan sorak yang kurasa hampir meledakan telingaku bergempita dimana-mana. Seluruh murid mendadak berkumpul di tengah lapangan.
“oke,oke. Tenang para hadirin, “ ujar ria dengan cengar cengir nggak karuan di atas panggung . “dia bilang cewek yang ditaksir nya suka banget lagu ini. Dan demi lagu ini, dia membayar kami dengan SEMUA UANG SAKUNYA SELAMA SATU BULAN !!” Ramai lagi. Benar –benar kalah sama suara bom kuningan.
Kemudian Ria membalik badan dan menjentikkan tangan nya kembali. Suasana begitu hening , seakan ingin mendengarkan apa yang akan paduan suara itu nyanyikan. Lalu kekagetan besar benar-benar menimpaku semenit kemudian. Bukan karna paduan suara itu menyanyikan lagu I Have A Dream, bukan karena beberapa murid sekelasku melirik padaku dengan mata sebesar bola golf ,bukan juga karena paduan suara di panggung itu, dan juga seisi sekolah yang sekarang melirik ke arah seorang cowo jabrik yang sedang berjalan ketengah lapangan. Bukan itu !
Tapi, karena..

Tapi, karena si cowo jabrik itu mendekati tempat dudukku !
Ya , bian mendatangiku ! saat paduan suara itu berhenti bernyanyi, dan seisi sekolah termasuk para guru melirik padaku, dan teman-teman se-geng-ku menatap Bian seakan dia makhluk Plutoyang baru mendarat dibumi, Bian menarik tanganku supaya ikut berdiri bersama nya. Saat itu aku saking kagetnya, dikepalaku sama sekali tidak kepikiran apapun. Jadi, aku ikuti saja apa yang Bian mau. Lalu , dengan sebuah microphone di tangan kanan nya , Bian menatapku dan berkata,
“Tari, gue suka sama elo. Lo mau ga pacarans ama gue?” Semua bocah ditempat itu menjerit hingga kurasa kalau pesawat AS datang dan menjatuhkan rudal ditempat itu mereka masa bodo amat. Semua guru berdiri, mendelik ke arahku , dan ikut bertepuk seakan kami ini topeng monyet -_______- . Sementara aku ? wah , wajahku sudah tidak karuan. Mungkin sudah semerah darah, atau bahkan se-ungu terong. Yang jelas kejadian itu benar-benar membuatku malu. Sedikit terharu mungkin.
Tentu saja , aku ini nggak ada sama sekali cakep-cakepnya. Malah, kalau boleh jujur nih, waktu itu aku ini GENDUT BANGET ! Sama sekali ngga ada potongan covergirl-nya sama sekali deh. Tapi kenapa Bian, cowok asyik yang meski tampangnya ngga ada coverboy-nya sama sekali, bisa suka denganku yang begini? Sampai harus mengorbankan uang sakunya demi aku?
Itu aneh sekali , tapi romantis :*
Tapi dasar diriku. Harga diri-ranking satu-ku tetaplah segala-galanya. Aku tidak mau pacaran karena akan mengganggu nilai-nilaiku. Aku tak mau para guru akan menganggap bahwa aku ini sama dengan anak-anak lain. Aku mau mereka tetap menganggap diriku ini adalah murid teladan dan bisa dibanggakan oleh mereka. Dan itu lah yang ada dipikiranku sejenak. Jadi, seharusnya aku mengatakan “TIDAK” pada Bian. Ya, aku harus menolaknya. Lalu kutatap kedua mata besarnya yang – entah kenapa – terasa memikat untuk sesaat. Kutarik nafasku dalam-dalam dan ku raih microphone di tangan nya dan berkata,
“Tentu saja aku mau !! ko masih nanya sih?”
Lalu seisi sekolah menjerit riuh dan mengelu-elu kan nama kami. Bian mencium pipiku sebagai tanda sayang. Aku benar-benar tidak tau mengapa yang kukatakan justru berbeda dengan apa yang aku pikirkan. Tapi begitu Bian mengecup pipiku , oh rasanya semua kekecewaan itu segera lenyap seperti angin.
Saat itu lah aku menyadari bahwa saat aku berpikir tadi itulah saat aku dimana sedang berbohong. Tapi hatiku ternyata tidak bisa melakukan itu. Dan setelah kukatakan penerimaan itulah, hatiku menjerit begini ,
“Ya ampun, inilah cowo yang Tuhan kirimkan untukku”
Kami berpacaran sejak saat itu, dan hubungan kami telah berlangsung sampai saat ini. Selama tiga tahun ini, Bian telah membuat hari-hariku terasa berwarna –warni melebihi warna pelangi. Ah, aku benar-benar tidak tau apa yang terjadi andaikan saat itu, aku mengatakan “tidak” padanya .
.

Rabu, 17 Agustus 2011

CARA MENINGKATTKAN IQ

IQ (intelligence quotient) merupakan sebuah gambaran tentang penilaian dari beberapa test yang diujikan untuk mengetahui daya ingatan dan tingkatkecerdasan. Cara ini pertama kali berasal dari jerman untuk mengetahui tingkat kecerdasan. Skor IQ telah terbukti berhubungan dengan faktor-faktor seperti morbiditas dan mortalitas, status sosial orang tua dan pada tingkat yang substansial IQ orang tua. Sementara heritabilitas IQ telah diteliti selama hampir satu abad, kontroversi tetap mengenai pentingnya estimasi heritabilitas dan mekanisme pewarisan masih merupakan bahan perdebatan beberapa.
Skor IQ digunakan dalam banyak konteks: sebagai prediktor prestasi pendidikan atau kebutuhan khusus, oleh para ilmuwan sosial yang mempelajari distribusi dari nilai IQ pada populasi dan hubungan antara nilai IQ dan variabel lainnya, dan sebagai prediktor kinerja pekerjaan dan pendapatan.
Oleh sebab itu di indonesia sendiri juga menggunakan test IQ untuk mengetahui beberapa hal.Seperti dari sekolah SMP sampai perguruan tinggi juga menggunakan test tersebut. Akan tetapi banyak orang yang menyepelekan tentang test ini. Hal yang harus dilakukan janganlah sampai menyepelekan tenang test ini, akibatnya nanti berdampak pada keraguan orang lain tentang tingkat kecerdasan anda.
Untuk itu saya akan bagikan beberapa cara untuk meningkatkan IQ anda.
- Latihan pernafasan
Memang hal yang sepele, akan tetapi hal ini dapat berpengaruh untuk meningkatkan IQ anda tersebut. Karena pernafasan akan meningkatkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Cara yang ini pun juga mudah dilakukan, dengan pejamkan mata lalu hirup udara sedalam-dalamnya melalui hidung sampai paru-paru penuh dan lepaskan perlahan-lahan melalui mulut. Tapi harus dalam kondisi rileks, karena jika tidak rileks malah akan tegang. Dan hilangkan semua permasalahan anda dulu. Coba jangan pikirkan apapun kecuali efek penenangan dan perileksan dari saraf dan tubuh. Cara ini sangat berguna dan efektif untuk menyelesaikan masalah secara kreatif.
Sewaktu anda selesai latihan ini maka akan ada efek yang akan timbul. Yaitu semua masalah akan lebih ringan dan pikiran akan merasa jernih dalam sekejap. Lakukan latihan ini 5 kali berturut-berturut, anda juga akan lebih bisa mengkoordinasikan pemikiran sehingga menjadi lebih jelas.
- Jaga postur tubuh
Postur tubuh dapat menentukan seberapa baik anda berfungsi. Berdiri bungkuk dan mulut terbuka mengurangi kemampuan berpikir jernih.Untuk membuktikan hal ini, coba duduk membungkuk dengan mulut terbuka sambil menyelesaikan soal matematika didalam pikiran.Kemungkinan anda akan menemukan, anda tidak bisa menyelesaikan masalah secara cepat dan tidak bisa berfikir secara jernih. Lakukan olahraga untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Aerobik apa saja bisa memberikan hasiat ini.
- Perhatikan makanan
Jangan makan segala sesuatu yang mengandung gula sederhana secara berlebihan. Semua karbohidrat sederhana, jika dimakan sejumlah banyak, secara umum membuat lelah yang bukan hanya akan membuat anda lebih lamban dalam berpikir, tapi juga membuat lamban secara fisik. Sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak yang diberi makanan berlemak, kaya akan gula dan makanan yang diawetkan memiliki kadar intelegensia (IQ) lebih rendah dibanding dengan anak yang mendapat asupan kaya vitamin dan mineral.

Sttt.. Jangan bilang siapa-siapa ya !

Aku melirik ke arahnya , yang dimaksud adalah cowok yang bernama Rama. Kalau dipikir-pikir , tak ada yang menarik dari nya. Wajahnya biasa-biasa saja penampilan nya apalagi ! Sangat-Sangat-biasa-biasa-saja-siiihh (SSBBSS)!
Teman-temanku bilang , Rama itu makhluk luar angkasa yang GAK PERNAH suka sama siapapun di bumi ini kecuali Matematika. Memang dikelasku gak ada yang bisa nandingin dia dalam pelajaran satu itu.
“Kin, liat apa sih ?” tiba-tiba tanya tasya teman sebangku ku .
“ohh, engg .. engga”
“Ngeliatin si Rama yaa? Emang sih dia aneh, tapi kamu gak usah ngeliatin dia sampai segitunya kalee”
“Iya-iya , habis makin lama tuh anak makin culun aja “
“embeeeeeeerrrrr!”
“Hahaha” kami tertawa berbarengan.
Kulihat Rama memandang kami lalu membuang muka.
Ssssstt.. jangan bilang siapa-siapa yah! Dalam hatiku, aku merasa sakit hati setiap saat ada yang menghina nya. Tapi , aku tak bisa apa-apa. Aku malu mengakui kalau aku suka dia. Aku selalu merasa kalau dibalik kacamatanya yang tebal terdapat sepasang mata indah yang mempesona. Gawat nya lagi, aku sering memimpikan kalau suatu saat Rama menjadi Super Hero dan aku menjadi kekasihnya. Weleehh, ku rasa aku memang sudah gila! Apa kata teman-teman ku nanti kalau aku suka sama dia? Itu sebabnya aku mengunci pintu hati dan mulutku rapat-rapat.
Aku kepagian, tumben. Sekolah masih sepi. Saat aku masuk kelas, kelas pun masih sepi, tapiiiii... Aduh , mati aku ! Rama ternyata sudah datan. Dia duduk dengan tertib dibelakang bangkunya sambiil menulis sesuatu diatas sehelai kertas. Tiba-tiba niat jahilku datang. Aku mendekati meja nya sambil berkata ,
“Hayo! Nulis apaan sih Ram?”
“Ah enggak.. “ Jawabnya kikuk.
“Liat dong !”
“Eeee ngga bolehh”
“Duh galak amat, pinjem dulu ahh” aku merebut kertas itu dan membacanya sambil berlari. Rama mengejarku.

*Rasa yang semakin lama mengetuk hatiku, haruskah ku ungkapkan? Sedangkan kau selalu menertawakan ku. Haruskah ku ucapkan? Bila tidak, biar kau mewakili perasaan ku , wahai kertas mungil dan pulpen murahan , AKU SUKA KINANTI !*

“huk, uhuk, uhuk !” aku terbatuk saat membaca kalimat terahir dikertas itu.
Bruk...
“Aduhh” aku dan rama bertubrukan. Rupanya rama gak sempet mengerem larinya saat aku tiba-tiba berhenti berlari. Kami saling berhadapan. Kemudian rama membuka kacamatanya yang tebal. Ah, ternyata benar, matanya memang indah!.
“Aku suka Kinanti”
“Aku suka Rama”
Lagi-lagi aku minta, jangan bilang siapa-siapa yahh ! :D

Selasa, 16 Agustus 2011

VIRUS


Struktur Virus:
o Terdiri atas materi genetik berupa DNA atau RNA
o Materi genetik dilindungi oleh selubung protein yang disebut dengan kapsid yang ersusun atas kapsomer
o Kapsid bersama materi genetik disebut dengan nukleokapsid
o Partikel lengkap virus disebut dengan virion
o Terdiri atas materi genetik berupa DNA atau RNA
o Materi genetik dilindungi oleh selubung protein yang disebut dengan kapsid yang tersusun atas kapsomer
o Kapsid bersama materi genetik disebut dengan nukleokapsid
o Partikel lengkap virus disebut dengan virion
o Bentuk tubuh virus pada umumnya dibagi menjadi bentuk helikal (ulir) dan ikosahedral
Cara Hidup Virus:
o Virus tidak dapat hidup di alam secara bebas, melainkan harus berada di dalam sel makhluk hidup yang lain
o virus harus dibiakkan di dalam jaringan makhluk hidup. Di laboratorium, virus dapat dibiakkan di dalam embrio telur ayam
Reproduksi/Daur Hidup Virus
1. Tipe litik
a. adsorbsi, yaitu menempelnya ekor virus pada dinding sel bakteri pada daerah reseptor (penerima) yang khusus
b. injeksi, yaitu masuknya materi genetik virus ke dalam sel inang
c. sintesis, yaitu DNA virus mengadakan replikasi diri menjadi banyak, kemudian mengadakan sintesis protein kapsid; terbentuklah DNA virus dan kapsid dalam jumlah banyak
d. perakitan, yaitu dimasukannya DNA virus dalam kapsid; terbentuk 100 – 200 virus baru
e. litik, yaitu sel inang mengalami lisis atau kejang sehingga virus-virus baru terhambur
2. Tipe lisogenik
a. adsorbsi, yaitu menempelnya ekor virus pada dinding sel bakteri pada daerah reseptor (penerima) yang khusus
b. injeksi, yaitu masuknya materi genetik virus ke dalam sel inang
c. pengabungan, yaitu DNA virus menyisip ke dalam DNA bakteri; DNA virus disebut profag
d. pembelahan, yaitu jika sel bakteri membelah menjadi 2. DNA virus juga ikut dalam proses pembelahan itu sehingga setiap sel anak bakteri mengandung profag
e. sintetis, yaitu DNA virus mereplikasi diri dan mensintesis protein kapsid
f. perakitan, yaitu DNA virus masuk ke dalam kapsid
g. litik, yaitu sel bakteri mengalami lisis (pecah)

Senin, 15 Agustus 2011

Alien Matikan 10 Rudal Nuklir Amerika


- Sebanyak 120 mantan personel dan pilot militer Amerika Serikat (AS) memberikan kesaksian mengejutkan. Mereka mengaku melihat sekelompok makhluk asing atau alien mendarat, menyusup dan menonaktifkan rudal nuklir milik Inggris dan AS di markas peluncuran rudal.

Seperti dilansir Telegraph.co.uk edisi 27 September 2010, salah satu pilot militer AS yang memberikan kesaksian adalah Kapten Robert Salas.  Menurut Salas, pemerintah AS dan Inggris disinyalir menutup-nutupi beberapa peristiwa kunjungan alien yang telah berlangsung sejak 1948.
Pengakuan itu tidak dipercaya begitu saja dan kemudian diteliti dan diselidiki enam penerbang AS dan mantan anggota militer lainnya. Enam orang ini kemudian mencari kesaksian dari 120 mantan personel militer. Informasi yang telah mereka kumpulkan menunjukkan bahwa makhluk asing mendarat di Bumi baru-baru ini, tujuh tahun yang lalu.

Rencananya, para pemeriksa bukti-bukti itu akan menyampaikan informasi tadi kepada pemerintah AS dan Inggris. Mereka akan mencoba mensosialisasikan bahwa kepada dua negara bahwa kunjungan makhluk ekstra-terestrial itu telah berlangsung lama, dan itu sebagai satu fakta.

Presentasi tim ini disajikan pada hari Senin 27 September pada pertemuan di Washington. Salah seorang saksi mata, Kapten Robert Salas, mengatakan, "Angkatan Udara AS telah berbohong tentang obyek udara tak dikenal di pangkalan militer, dan kebohongan tentang implikasi keamanan nasional. Kami bisa membuktikannya."

Salas mengatakan, dirinya menjadi saksi pada kejadian 16 Maret 1967 di markas Angkatan Udara Malmstrom, Montana, yang menyimpan rudal nuklir Minuteman.

"Saya sedang bertugas ketika suatu obyek datang dan berdiri langsung di atas markas peluncuran rudal itu. Sebanyak 10 rudal dinonaktifkan. Dan hal yang sama terjadi di lokasi lain seminggu kemudian," kata dia.

Dia menduga, ada kepentingan kuat dari makhluk-makhluk itu dengan rudal-rudal yang akan diluncurkan. "Saya pribadi berpikir mereka bukan dari planet bumi," ujar Salas.

Saksi lain mengaku telah melihat kegiatan serupa di Inggris. Saksi bernama Kolonel Charles Halt mengatakan ia melihat sebuah pesawat UFO di bekas pangkalan militer RAF Bentwaters, dekat Ipswich, 30 tahun lalu.
Charles Halt melihat berkas cahaya ditembakkan ke pangkalan kemudian mendengar di radio militer bahwa alien telah mendarat di dalam area penyimpanan nuklir.

"Saya percaya bahwa pihak keamanan Security Service baik dari Amerika Serikat dan Inggris telah mencoba, dari dulu hingga sekarang, untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di RAF Bentwaters," kata dia.

Lokasi itu dulu digunakan sebagai markas AS Fighter Wing Taktis ke-81. Saksi lain, Kapten Bruce Fenstermacher, mantan perwira Angkatan Udara AS, juga mengklaim serupa. Dia melihat sebuah pesawat UFO berbentuk cerutu melayang di atas sebuah pangkalan nuklir di Wyoming pada tahun 1976.

PLANET MIRIP BUMI



Hasil pengamatan observatorium MW Keck di Hawaii, Amerika Serikat, selama 11 tahun membuahkan hasil. Para ilmuwan menemukan sebuah planet yang paling mirip dengan Bumi. Planet itulah kemungkinan bisa dihuni manusia.

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, 29 September 2010, sebuah tim 'pemburu planet' menamai planet yang paling mirip dengan Bumi itu dengan nama Gliese 581g.

Planet yang ukurannya hampir sama dengan Bumi itu mengorbit dan berada di tengah 'zona huni perbintangan'. Peneliti juga menemukan zat cair dapat eksis di permukaan planet itu.

Ini akan menjadi planet paling mirip Bumi yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Ini juga merupakan planet pertama yang paling berpotensi dihuni manusia.

"Temuan kami ini sangat menarik dan menawarkan kemungkinan bahwa planet ini berpotensi untuk dihuni," kata Profesor Steven Vogt di University of California.
Sebelumnya, Badan Antariksa AS (NASA) juga menemukan planet mirip bumi, Kepler 9.

Gliese 581g ditemukan berdasarkan observasi yang dilakukan menggunakan teknik tercanggih yang dikombinasikan dengan teleskop 'kuno'.

Yang paling menarik dari dua planet Gliese 581g adalah, dia memiliki massa tiga sampai empat kali dari Bumi dan periode orbit hanya di bawah 37 hari. Volume massa itu menunjukkan bahwa planet itu kemungkinan merupakan planet berbatu dengan permukaan tertentu. Itu juga menunjukkan bahwa planet itu memiliki gravitasi yang cukup.

Gliese 581g terletak dengan jarak 20 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya berada di konstelasi Libra. Posisi planet ini, satu sisi selalu menghadap bintang dan memiliki suhu panas yang memungkinkan manusia untuk berjemur secara terus-menerus di siang hari. Di bagian samping yang menghadap jauh dari bintang, berada dalam kegelapan yang terus-menerus.

Para peneliti memperkirakan rata-rata suhu permukaan planet ini antara -24 dan 10 derajat Fahrenheit atau -31 sampai -12 derajat Celsius. Suhunya akan sangat terik saat posisinya menghadap bintang dan bisa terjadi pembekuan saat sedang gelap.

Menurut Profesor Vogt, gravitasi di permukaan planet itu hampir sama atau sedikit lebih tinggi dari Bumi, sehingga orang dapat dengan mudah berjalan tegak di planet ini.

"Faktanya, kami mampu mendeteksi planet ini begitu cepat dan sangat dekat. Ini memiliki arti bahwa planet seperti ini benar-benar berciri umum, seperti Bumi," jelasnya.

Prof Vogt dan Paul Butler, dari Carnegie Institution di Washington, mengatakan temuan-temuan baru tim itu dilaporkan dalam sebuah makalah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Astrophysical. (kd) 

Mengapa mutu pendidikan finlandia terbaik di dunia?


- Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia. Rekor prestasi belajar siswa yang terbaik di negara-negara OECD dan di dunia dalam membaca, matematika, dan sains dicapai para siswa Finlandia dalam tes PISA.  Amerika Serikat dan Eropa, seluruh dunia gempar.

Untuk tiap bayi yang lahir kepada keluarganya diberi maternity package yang berisi 3 buku bacaan untuk ibu, ayah, dan bayi itu sendiri. Alasannya, PAUD adalah tahap belajar pertama dan paling kritis dalam belajar sepanjang hayat. Sebesar 90% pertumbuhan otak terjadi pada usia balita dan 85% brain paths berkembang sebelum anak masuk SD (7 tahun).

Kegemaran membaca aktif didorong. Finlandia menerbitkan lebih banyak buku anak-anak daripada negeri mana pun di dunia. Guru diberi kebebasan melaksanakan kurikulum pemerintah, bebas memilih metode dan buku teks. Stasiun TV menyiarkan program berbahasa asing dengan teks terjemahan dalam bahasa Finish sehingga anak-anak bahkan membaca waktu nonton TV.
Pendidikan di sekolah berlangsung rileks dan masuk kelas siswa harus melepas sepatu, hanya berkaus kaki. Belajar aktif diterapkan guru yang semuanya tamatan S2 dan dipilih dari the best ten lulusan universitas. Orang merasa lebih terhormat jadi guru daripada jadi dokter atau insinyur. Frekuensi tes benar-benar dikurangi. Ujian nasional hanyalah Matriculation Examination  untuk masuk PT. Sekolah swasta mendapatkan dana sama besar dengan dana untuk sekolah negeri.
Sebesar 25% kenaikan pendapatan nasional Finlandia disumbangkan oleh meningkatnya mutu pendidikan. Dari negeri agraris yang tak terkenal kini Finlandia maju di bidang teknologi. Produk HP Nokia misalnya merajai pasar HP dunia. Itulah keajaiban pendidikan Finlandia
Kemajuan sebuah bangsa lebih ditentukan oleh karakter penduduknya dan karakter penduduk dibina lewat pendidikan yang bermutu dan relevan.

Bagaimana Indonesia?
Ada yang berpendapat,  keunggulan mutu pendidikan Finlandia itu tidak mengherankan karena negeri ini amat kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa,  penduduknya homogen,  dan negaranya sudah eksis sekian ratus tahun. Sebaliknya,  penduduk Indonesia lebih dari 220 juta jiwa, amat majemuk terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan latar belakang sosial.  Indonesia baru merdeka 66 tahun.

Pendapat senada dikemukakan oleh tokoh-tokoh dan pemerhati pendidikan Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang,  dan negara-negara lain dibandingkan dengan negaranya. Yang paling malu AS karena unit cost anggaran pendidikannya jauh melebihi Finlandia tapi siswanya mencapai ranking 17 dan 24 dalam tes PISA, sedangkan siswa Shanghai China ranking 1, Finlandia 2, dan
Korea Selatan 3. Soal siswa di Shanghai China juara masih diragukan karena belum menggambarkan keadaan mutu seluruh pendidikan China. Kalau Finlandia sebagai negara kecil bisa juara mengapa negara kecil yang sudah established seperti Islandia, Norwegia, New Zealand tak bisa?
Akhirnya semua mengakui bahwa sistem pendidikan Finlandia yang terbaik di dunia karena kebijakan-kebijakan pendidikan konsisten selama lebih dari 40 tahun walau partai yang memerintah berganti. Secara umum kebijakan-kebijakan pendidikan China dan Korea Selatan (dan Singapura) juga konsisten dan hasilnya terlihat sekarang.

Kebijakan-kebijakan pendidikan Indonesia cenderung tentatif, suka coba-coba, dan sering berganti.
Lalu bagaimana dengan kebijakan pendidikan Indonesia jika dibandingkan dengan Finlandia?
1. Kita masih asyik memborbardir siswa dengan sekian banyak tes (ulangan harian, ulangan blok, ulangan mid-semester, ulangan umum / kenaikan kelas, dan ujian nasional). Finlandia menganut kebijakan mengurangi tes jadi sesedikit mungkin. Tak ada ujian nasional sampai siswa yang menyelesaikan pendidikan SMA mengikuti matriculation examination untuk masuk PT.
2. Kita masih getol menerapkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga siswa yang gagal tes harus mengikuti tes remidial dan masih ada tinggal kelas. Sebaliknya, Finlandia menganut kebijakan automatic promotion, naik kelas otomatis. Guru siap membantu siswa yang tertinggal sehingga semua naik kelas.
3. Kita masih berpikir bahwa PR amat penting untuk membiasakan siswa disiplin belajar. Bahkan, di sekolah tertentu, tiada hari tanpa PR. Sebaliknya, di Finlandia PR masih bisa ditolerir tapi maksimum hanya menyita waktu setengah jam waktu anak belajar di rumah.
4. Kita masih pusing meningkatkan kualifikasi guru SD agar setara dengan S1, di Finlandia semua guru harus tamatan S2.
5. Kita masih menerima calon guru yang lulus dengan nilai pas-pasan, sedangkan di Finlandia the best ten lulusan universitas yang diterima menjadi guru.
6. Kita masih sibuk memaksa guru membuat silabus dan RPP mengikuti model dari Pusat dan memaksa guru memakai buku pelajaran BSE (Buku Sekolah Elektronik), di Finlandia para guru bebas memilih bentuk atau model persiapan mengajar dan memilih metode serta buku pelajaran sesuai dengan pertimbangannya.
7. Hanya segelintir guru di tanah air yang membuat proses belajar-mengajar itu menyenangkan (learning is fun) melalui penerapan belajar aktif. Terbanyak guru masih getol mengajar satu arah dengan metode ceramah amat dominan. Sedangkan, di Finlandia terbanyak guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui implementasi belajar aktif dan para siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Motivasi intrinsik siswa adalah kata kunci keberhasilan dalam belajar.

8. Di tanah air kita terseret arus mengkotak-kotakkan siswa dalam kelas reguler dan kelas anak pintar, kelas anak lamban berbahasa Indonesia dan kelas bilingual (bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar) dan membuat pengkastaan sekolah (sekolah berstandar nasional, sekolah nasional plus, sekolah berstandar internasional, sekolah negeri yang dianakemaskan dan sekolah swasta yang dianaktirikan). Sebaliknya di Finlandia, tidak ada pengkotakan siswa dan pengkastaan sekolah. Sekolah swasta mendapatkan besaran dana yang sama dengan sekolah negeri.
9. Di Indonesia bahasa Inggris wajib diajarkan sejak kelas I SMP, di Finlandia bahasa Inggris mulai diajarkan dari kelas III SD. Alasan kebijakan ini adalah memenangkan persaingan ekonomi di Eropa, membuka kesempatan kerja lebih luas bagi lulusan, mengembangkan wawasan menghargai keanekaragaman kultural.
10. Di Indonesia siswa-siswa kita ke sekolah sebanyak 220 hari dalam setahun (termasuk negara yang menerapkan jumlah hari belajar efektif dalam setahun yang tertinggi di dunia). Sebaliknya, siswa-siswa Finlandia ke sekolah hanya sebanyak 190 hari dalam satu tahun. Jumlah hari liburnya 30 hari lebih banyak daripada di Indonesia. Kita masih menganut pandangan bahwa semakin sering ke sekolah anak makin pintar, mereka malah berpandangan semakin banyak hari libur anak makin pintar.

Masjid tiang tiga agama !

Ada yang menarik di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Desa Karang Pangsor, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Di saat mengunjungi masyarakat di wilayah itu, saya diajak ke satu masjid yang masih belum selesai. Masjid itu bernama Jami’ul Jama'ah.

Dinamakan Jami’ul Jama'ah (yang artinya “semua jamaah”) karena masjid itu dibangun oleh tiga kelompok masyarakat pemeluk agama yang ada di wilayah itu: masyarakat Muslim, Hindu, dan Budha.

Masjid ini merupakan masjid yang menjadi ikon kerukunan antarwarga, khususnya antarpemeluk agama di wilayah Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Di kecamatan itu, mayoritas masyarakatnya terdiri dari tiga pemeluk agama: Islam, Hindu, dan Budha. Begitu rukunnya antarpemeluk agama di sana, sehingga pembangunan rumah ibadah pun mereka saling membantu. Seperti dalam pembangunan masjid di atas.

Menurut pengurus Jami’ul Jama'ah, masjid ini tidak akan bisa berdiri tanpa dukungan dari tiga unsur masyarakat agama tersebut. Kenapa demikian? Karena masjid itu ditopang oleh tiga tiang yang saling menguatkan, simbol dari tiga masyarakat agama yang berkontribusi dalam pembangunannya.

Tidak hanya itu, pembangunan rumah ibadah lain selain masjid pun (Pura dan Vihara) dilakukan secara gotong royong oleh ketiga pemeluk agama itu. Kerukunan antarumat beragama yang patut dijadikan contoh.

Di samping keindahan alamnya yang eksotik, Lombok dikenal juga sebagai wilayah seribu masjid. Di mana-mana ada masjid, bahkan di setiap dusun pasti terdapat masjid. Bahkan di beberapa wilayah di Lombok, fenomena saling membantu antarpemeluk agama untuk membangun sebuah rumah ibadah bukanlah hal lasing. Kita dapat banyak menjumpainya di daerah itu.

Kerap pula ditemui bangunan masjid yang berhadapan langsung dengan Pura. Contohnya, di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Desa Sesaot terdiri dari lima dusun. Tiga dusun berpenduduk Muslim dan dua dusun berpenduduk Hindu. Masjid Nurul Huda, sebagai masjid besar di Desa Sesaot pun didirikan oleh masyarakat Muslim dan Hindu.

“Masjid ini merupakan hasil swadaya masyarakat di Desa Sesaot. Banyak masyarakat Hindu yang ikut berpartisipasi untuk pembangunan masjid ini. Mereka menyumbangkan kayu, pasir, dan apa saja yang mereka miliki untuk pembangunan masjid ini,” papar Mamik Nashrudin Muhdi, pengurus masjid Nurul Huda dan tokoh masyarakat Desa Sesaot.

Meskipun bukan tempat ibadah mereka, lanjutnya, mereka tetap antusias dalam berkontribusi untuk pembangunannya. “Selain sebagai wujud kerukunan antarumat beragama, para pemeluk agama Hindu yang menyumbang itu meniatkan amalnya untuk saudara-saudara mereka yang Muslim. Karena mereka pun memiliki saudara yang Muslim, entah yang menikah antara pemeluk Hindu dan Muslim maupun dari saudara-saudara lain. Minimal amalnya tersebut diniatkan untuk para saudara Muslim mereka”, ujarnya.

Masjid Nurul Huda ini berhadapan dengan Pura di lingkungan Banjar (pemukiman Hindu) di Desa Sesaot. Meskipun rumah ibadah itu saling berhadap-hadapan, tapi tidak pernah terjadi keributan di antara mereka. Para pemuda Muslim dan Hindu berbaur, baik dalam kegiatan olahraga maupun pergaulan sehari-hari. Dari pakaiannya kita bisa membedakan antara pemuda Muslim dengan Hindu. Pemuda Muslim (yang mayoritas santri di wilayah itu) mengenakan baju Muslim (koko) dan kain sarung, sementara pemuda Hindu mengenakan kain dan ikat kepala, seperti pakaian adat di wilayah Bali.

Itu semua dapat terjadi karena adanya kesadaran yang tinggi pada masyarakat di wilayah itu akan pentingnya kehidupan damai. Meskipun berbeda agama, tetapi bukan menjadi kendala untuk saling menghormati dan saling membantu.**

Universitas Unik di Quebec, Kanada



College the Valleyfield berada di tempat yang sangat mengerikan dimana lokasinya berhadapan langsung dengan sebuah lembah atau jurang yang dialiri air deras.
Sungguh mengagumkan ketika melihat potongan-potongan gambar.

Ada pun informasi yang kami dapat dimana Anda bisa menemukan College the Valleyfield di 169, rue Champlain, Salaberry-de- Valleyfield, Quebec.

Salaberry-de-Valleyfield adalah sebuah kota di barat daya Quebec yang terletak di kawasan Sungai Saint Lawrence. Kota ini juga berbatasan dengan Danau Saint Francis-Saint Lawrence di utara dan dan Kanal Beauharnois di sebelah selatan.

Di kota ini terdapat Sungai Ecomuseum Deux (Ecomusee des Deux-Rives) yang memiliki sejarah ekonomi dan budaya daerah dan sekolah-sekolah seperti sekolah dasar, pusat pendidikan orang dewasa, pelatihan kejuruan serta sekolah tinggi (termasuk College the Valleyfield)

10 Penemuan Paling Aneh dan Paling Konyol di-Dunia

Posted by Beritaunik.info on Apr 22, 2011 | Comments Off
10 Penemuan Paling www.beritaunik.info dan Paling Konyol di-Dunia,berikut adalah penemuan paling konyol dan teraneh yang pernah diciptakan oleh manusia pada abad ke-20

10.TV Kacamata
Pada tahun 1963, Hugo Gernsback menemukan TV Kacamata. Dalam foto Hugo tampak memakai kacamata itu. Sampai detik ini produk ini tak pernah dirilis.

TV Kacamata
9. Beating Breasts, 1963
Ini adalah payudara tiruan dengan maksud agar membantu bayi untuk tidur…

Beating Breasts, 1963
8. Payung rokok antihujan,Rainy Day Cigarette Holder, 1954
Presiden Zeus Corp, Robert L. Stern, menggunakan payung rokok yang ia rancang sendiri pada 1954. Tak bakal basah walau hujan.

Rainy Day Cigarette Holder, 1954
7. Papan seluncur bermotor,Motorized Surfboard, 1949
Joe Gilpin yang berasal dari Hollywood menemukan papan seluncur bermotor pada tahun 1948. Dalam foto Joe mengendarai papan luncur bermesin.

Motorized Surfboard, 1949
6. Laryngaphone, 1929
Laryngaphone…telepon yang hanya mentransmisikan getaran
dari pita suara ketika mikrofon ditempelkan di tenggorokan atau pipi.

Laryngaphone, 1929
5. Kandang bayi berkawat yang diletakkan di luar jendela,Baby Cage, 1937
pada tahun 1937 kandang ini dibagikan pada anggota Chelsea Baby Club di London yang tak memiliki taman atau yang tega menempatkan bayi mereka di atas jalanan yang ramai. Dalam foto, tampak seorang babysitter sedang mengawasi bayi yang dimasukkan dalam kandang kawat yang diletakkan di luar jendela gedung tinggi.

Baby Cage, 1937
4. Cup Bras, 1949
Memangnya siapa yang mau menggunakan bra dengan bentuk seperti ini,sepertinya istrinyapun tidak mau…

Cup Bras, 1949
3. Hubbard Electrometer, 1968
Alat ini ditemukan seorang Penulis fiksi ilmiah Amerika dan pendiri Gereja Scientology L. Ron Hubbard.
Hubbard Elektrom├ęter menggunakannya untuk menentukan apakah tomat mengalami rasa sakit, 1968.
Karyanya membawanya pada kesimpulan bahwa tomat “menjerit ketika diiris.”

Hubbard Electrometer, 1968
2. Anti Bandit Bag, 1963
Ini adalah tas anti bandit/copet. Saat anda dicopet,
anda tinggal menarik tali yang tersedia dan hasilnya,
isi tas anda akan jatuh berceceran di lantai. Dan mustahil copet akan memungut satu persatu isi tas anda…

Anti Bandit Bag, 1963
1. Curved Barrel Machine Gun, 1953
Ini adalah senapan mesin dengan laras melengkung.
Ini senjata yang sempurna untuk “tembak dulu, baru lihat apa yang kau tembak”

Curved Barrel Machine Gun, 1953

Kecerdasan Linguistik

Kemampuan menggunakan kata secara efektif, lisan maupun tertulis. Meliputi juga kemampuan memanipulasi tata bahasa atau struktur bahasa, bunyi bahasa makna sehingga pekaterhadap kata kalimat, susunan, huruf, dan mampu menyusunnya dengan baik dan indah.
Kecerdasan matematis-logis
Kemampuan menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain kategorisasi (pengelompokan sesuatu), klasifikasi (pemisahan), pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesisi. Cocok buat kamu yang sika hitung-menghitung agak rumit dan senang denagn permainan angka.
Kecerdasan spasial

Kemampuan mempresepsikan dunia spasial-visual secara akurat, mentranformasikannya. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsure itu, kemampuan membayangkan sesuatu, mempresentasi ken ide dengan cara visual, mengorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial. Kamu suka menyesatkan diri saat jalan-jalan, tapi kamu selalu menemukan jalan. Inilah kecerdasan kamu.

Kecerdasan kinestesis-jasmani

Kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikahn ide atau perasaan, keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu, kelenturan kakuatan, akan berhubungkan hal yang berkaitan dengan sentuhan. Kalau kamu suka bikin pernak-penik, atau nsuka menghafalkan rumus fisika sambil senam, inilah kamu!
Kecerdasan musical

Kemampuan menangani bentuk-bentuk musical denagn cara mempersikan, membedakan, mengubah, kepekaan pada nada, irama, melodi. Bisa dengan cepat menghafal lagu dan menggunakan musik untuk menghafal pelajaran, inilah anda!
Kecerdasan intrepersonal

Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motifasi, dan persaan orang lain. Kepekaan terhadap ekspresi wjah, reka, suara, kemampuan menanggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orag untuk melakukan tindakan tertaentu.nah, kalau ini bisa jadi tempat curhat yang baik.
Kecerdasan intrapersonal

Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak beradasarkan pemahaman tersebut. Kepekaan tarhadap mjemahami diri sendiri, kesadaran atas suasana hati, kainginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri. Seperti seniman gitu..